Sejarah

Monday, March 14, 2011

Pemula Latihan Bola Voli

Latihan Bola Voli untuk Pemain Pemula
 
Latihan voli pemula tidak hanya untuk pemain yang benar-benar baru untuk berolahraga voli. Permulaan latihan dapat digunakan untuk mengubah kebiasaan lama yang buruk dan mengembangkan teknik voli yang benar dengan latihan yang berulang-ulang.

Toss dan Pass (mengarahkan dan mengoperkan) Pemula latihan voli
Latihan toss (mengoperkan) dan pass (mengarahkan) ini adalah latihan permulaan bagi pemain voli. Untuk berlatih toss dan pass voli membutuhkan sedikitnya dua pemain. Pemain pertama toss (melontarkan/ mengoperkan) bola secara mudah ke pemain yang kedua, sementara pemain kedua melakukan pass (mengarahkan) ke pemain pertama. Hal ini harus dilakukan pengulangan dengan jumlah tertentu  dan kemudian kedua pemain melakukan saling bergantian. Para pemain fokus pada passing (mengarahkan) satu sama lain dengan teknik toss (melontarkan/mengoperkan) dan passing (mengarakan) secara tepat.

Variasi dalam berlatih Toss dan Passing (mengoperkan dan mengarahkan)
Setelah kedua pemain mampu mengarahkan operannya, kedua pemain tersebut sekarang dapat mencoba untuk melakukan secara terus menerus, mengarahkan bola bolak-balik satu sama lain.

Kegunaan Berlatih Toss dan Passing -
Ketika pertama kali Anda belajar keterampilan voli untuk melakukan passing (mengarahkan), hal yang penting mulailah passing dengan bola yang di toss (dioperkan) kepada Anda dengan operan bola yang termudah untuk di passing. Anda mengetahui bahwa bola datang tepat ke Anda, sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada formasi passing yang baik.


Memukul Bola Ke Dinding - Pemula Latihan Voli.
Latihan ini hanya membutuhkan satu pemain, bola, dan dinding. Memilih tempat di dinding untuk memukul. Toss (lemparkan) bola kepada diri sendiri dan mencoba untuk memukul suatu tempat. Fokus pada swing arm (ayunan lengan) menggunakan teknik yang tepat.


Variasi Latihan Memukul bola Ke Dinding-
Salah satu variasi dari latihan voli meniru teknik service (mengarahkan). Melemparkan bola ke atas, melangkah, dan mencoba untuk memukul suatu tempat di dinding.

Anda juga dapat meniru cara memukul keterampilan voli. Melemparkan bola ke atas, membawa tangan Anda di udara, dan kemudian mengayunkannya seolah-olah Anda adalah seorang penyerang. Anda dapat membelokkan arah pukulan Anda sehingga bola memantul dari tanah kemudian ke dinding sehingga akan rebound kembali kepada Anda untuk melakukan pengulangan yang lain.

Kegunaan Dari Latihan memukul Bola Ke Dinding/Tembok-
Memukul bola ke dinding merupakan cara terbaik untuk melatih arm swing (ayunan lengan). Latihan voli ini juga hebat karena Anda dapat melakukannya sendiri.


Blok Dinding  - Pemula Latihan Voli
Tujuan dari blok dinding adalah untuk melatih para pemain memblokir tanpa menyentuh net/jaring dengan tangan mereka dalam perjalanan turun setelah blok.

Para pemain pada dasarnya melakukan lompatan untuk ngeblok di depan dinding. Memulai dengan berdiri di depan dinding dalam posisi memblokir.

Para pemain kemudian melompat dan menyentuh setinggi yang mereka dapat lakukan pada dinding dengan menggunakan formasi memblokir yang baik. Para pemain kemudian kembali turun ke tanah dan mendarat dalam posisi memblokir.


Kegunaan Latihan Blok di Dinding/Tembok -
Idenya adalah untuk dapat melakukan lompatan blok dengan baik tanpa harus lengan Anda bergesekan  dengan dinding. Ini akan menjadi dorongan untuk  melakukan lompatan blok dengan teknik yang baik.

Bagi seorang pemula yang sedang berlatih voli, baik latihan memukul dinding dan ataupun latihan blok dinding bisa dilakukan sendiri. Hal yang sangat penting bagi para pemain yaitu para pemain pemula harus mulai menyadari bahwa banyak cara latihan yang bisa mereka lakukan sendiri untuk membuat diri mereka menjadi pemain yang lebih baik.

Latihan Setting (Pengaturan) 1 lawan 1   -  Pemula Latihan Voli
Ini adalah latihan yang baik untuk mengembangkan keterampilan setting (pengaturan) voli yang konsisten  melalui pengaturan yang berulang-ulang. Memiliki dua pemain mengatur/mengarahkan kembali dan bolak-balik ke satu sama lain melalui net/jaring

Jika seorang pemain tidak bisa mendapatkan bola dengan tangan mereka, mereka harus menabrak bola ke diri mereka sendiri dan kemudian mengatur bola ke atas. Tujuannya adalah untuk menjaga bola agar bisa  dimainkan selama mungkin dalam permainan itu..


Garis Passing  - Pemula Latihan Voli -
Mengatur pemain masuk ke dalam 2 baris saling berhadapan. Para pemain di depan setiap baris mengoper bola kearah pasangannya. Setelah pemain mengarahkan/mengoperkan bola, pemain pergi ke akhir baris, demikian latihan ini dilakukan dengan berulang-ulang. Latihan voli ini biasanya dilakukan untuk jangka waktu tertentu. Latihan ini juga dapat dilakukan dengan menghitung setiap tahap operan yang baik.

Kegunaan - Pemain dapat menghitung dengan suara keras setiap tahap  operan yang baik sampai mereka mencapai tujuan. Hal ini membuat latihan lebih menarik dan membuat pemain fokus pada operan mereka karena hanya operan yang baik dihitung.

Perkembangan Servis - Pemula Latihan Voli  -
Latihan servis untuk server pemula (orang yang melakukan servis). Latihan ini membutuhkan dua pemain. Satu berdiri di setiap sisi lapangan. Para pemain bergiliran melayani satu sama lain.

Pertama, mulailah servis/melayani di didalam baseline sehingga Anda cukup dekat untuk mendapatkan bola yang melewati net. Cobalah untuk servis (melayani) ke pasangan Anda. Setelah ketrampilan servis bola voli Anda berkembang dengan baik, secara bertahap Anda bisa mundur sampai melakukan servis dari belakang baseline.

Cara berlatih bagi pemain Voli pemula dapat bervariasi yaitu dapat dilakukan dengan beberapa mitra servis satu sama lain pada waktu yang bersamaan.
Sebagai pemain yang telah mengalami kemajuan untuk servis di luar baseline, server (yang melakukan servis) harus bisa melakukan servis untuk mitra mereka yang berdiri di berbagai wilayah lapangan.

No comments:

Post a Comment